Sisi Positif Pembatasan Kontes di 99Designs

Kebijakan 99Designs sekarang  membatasi jumlah kontes di setiap bulannya. Saya mencoba membahas dengan teman-teman yang juga mengikuti kontes di 99Designs, diantaranya pernah menghubungi team 99Designs perihal kebijakan yang membatasi sebulan hanya 20 kontes. Dari kesimpulannya sangat jelas bahwa:
"99Designs sekarang lagi memperbaiki kualitas yang ada, beberapa tahun terakhir banyak sekali desainer yang belum cocok masuk di 99Designs. Tidak banyak desainer yang tahu kalau hal ini menyebabkan banyak sekali Contest Holder yang membatalkan kontes mereka merasa desain yang masuk tidak bermutu dan tidak cocok, desainer lainnya akhirnya kehilangan kesempatan kerja karena hal ini. Team 99Designs berusaha mencegah ini terjadi dengan peraturan pembatasan 20 kontes perbulan".

Dengan pembatasan tersebut tentunya menjadi masalah untuk beberapa desainer yang biasanya mengikuti kontes setiap hari lebih dari satu kontes termasuk saya sendiri :). Sebenarnya ada beberapa sisi positif yang menguntungkan kita, yang bisa menjadi peluang untuk tetap bisa memenangkan kontes di 99Designs

1. Kualitas 
Dengan pembatasan 20 kontes perbulan, tentu saja kita tidak asal-asalan dalam membuat desain, hal ini justru akan meningkatkan kualitas desain kita. Dengan 1 kontes perhari kita bisa memanfaatkan waktu untuk bereksperimen dengan membuat sesuatu desain yang berbeda dengan yang lainnya.

2. Kompetitor yang berkurang
Sudah nampak jelas bahwa sebelum dan sesudah pembatasan kontes di 99Designs jumlah kompetitor sangat berbeda. Dengan berkurangnya jumlah kompetitor tentu saja ini sangat menguntungkan karena kita mempunyai peluang yang cukup besar untuk memenangkan kontes. 

3. Hemat waktu
Pada artikel sebelumnya kita membahas 9 cara memenangkan kontes di 99Designs. Pada point ke 2 berisi konsistensi mengikuti kontes, saya mengulas 4 kontes sehari selama sebulan. Sekarang kita coba untuk mengubah sedikit dengan cara :
Perhari 1 kontes dengan submit minimal 4 "different concepts" Ingat harus konsep yang berbeda bukan dari pengembangan konsep desain yang sebelumnya. Kita hanya perlu memahami 1 brief sehari dan ini bisa menghemat waktu.

Jika sahabat belajar desain merasa masih punya waktu, gunakanlah sebaik mungkin dengan browsing desain-desain yang bisa menjadi inspirasi, anda juga bisa menggunakan waktu membuat desain untuk dijual pada 99Designs Store, seperti pada artikel yang sudah saya buat sebelumnya. Penting untuk di ingat bahwa dengan sistem baru ini jangan sampai mematahkan semangat untuk terus berkarya..

Demikian ulasan singkat dari saya, sisi positif pembatasan kontes di 99Designs, Terima kasih, Semoga Bermanfaat.