7 Tips belajar desain otodidak


Sejak saya aktif sebagai anggota komunitas desain grafis, saya sering bertanya kepada teman-teman yang menurut saya mempunyai kualitas desain yang baik. Lulusan DKV.? kuliah dimana? kursus desain dimana? bisa menggambar manual? dan saya pun merasa heran karena dari sebagian besar teman komunitas desain yang saya tanya, menjawab bukan dari latar belakang pendidikan desain grafis. Melihat dari kualitas yang mereka miliki saya rasa tidak kalah dengan desainer grafis yang belajar dari pendidikan formal karena mereka juga mendapatkan penghasilan yang lebih dari cukup dari hasil karyanya.

Mungkin gambaran di atas adalah sebagai contoh bahwa sebagai desainer grafis otodidak bisa bersaing dengan desainer grafis yang mempunyai ijazah perguruan tinggi.
Nah kali ini saya akan mencoba memberikan Tips belajar desain otodidak berdasarkan pengalaman saya dan teman-teman di komunitas desain.

1. Dimulai dari niat
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah niat, belajar desain tidak bisa dilakukan dengan secara instan, banyak materi yang harus di pelajari tetapi dengan konsistensi yang tinggi anda bisa menjadi desainer grafis yang handal dan bisa bersaing di dunia kerja.

2. Cara belajar 
Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda dalam mempelajari sesuatu, sebagian orang mungkin lebih suka belajar dari tutorial dan langsung praktek, dari youtube, baca buku, bertanya kepada teman dll. Carilah cara belajar yang paling nyaman untuk diri anda sendiri sehingga anda lebih cepat memahami dari materi ke materi yang dipelajari

3. Tentukan tujuan
Hal penting yang harus diperhatikan adalah tujuan, untuk memulai belajar desain anda harus menentukan arah kemana tujuan dari anda belajar desain, apakah anda ingin mengikuti kontes desain yang akhir-akhir ini marak di internet, apakah anda ingin bekerja atau membuka usaha percetakan atau hanya sekedar untuk mengolah foto untuk ditampilkan dalam media sosial. Hal ini perlu diperhatikan agar anda mendapat hasil yang pasti dan sesuai dengan kebutuhan. 

4. Software yang sesuai
Software desain grafis sangat banyak jumlahnya, saya pikir anda harus memulai belajar dari software yang anda perlukan. Misalnya jika anda belajar desain bertujuan untuk mengikuti kontes desain logo maka belajar software yang bisa membuat gambar vector seperti Adobe Illustrator atau Corel Draw, jika anda ingin belajar desain untuk mengolah foto gunakanlah photoshop dan sebagainya. Kenalilah jenis dan nama software untuk desain grafis beserta kegunaannya agar anda tidak salah melangkah dalam belajar.

5. Fokus dalam belajar
Anda harus bisa membagi waktu dalam hal belajar, ketika anda sedang belajar hindarilah hal-hal yang mengganggu konsentrasi anda, seperti facebook, twitter, instagram, bbm atau orang-orang yang ada di sekitar anda, Tetaplah fokus dalam belajar agar anda bisa lebih cepat memahami materi yang sedang anda pelajari

6. Manfaatkan Google
Tutorial desain grafis sangat mudah kita temukan di google, anda bisa belajar desain dari membaca dan langsung mempraktekkannya, jika ada pertanyaan ketiklah di google maka google akan menjawab dengan sekejap. Jika anda menemui kesulitan cari video di youtube agar bisa mengetahui langkah dengan detail. 

7. Gabung Komunitas
Dengan mengikuti komunitas desain tentunya ilmu anda akan bertambah, anda bisa mengikuti perkembangan seputar dunia desain. Jika anda menemui kesulitan anda bisa menanyakan dalam forum. Anda juga bisa menambahkan teman komunitas desain di facebook untuk bertanya secara langsung dalam hal belajar desain.

Demikian uraian singkat 7 Tips belajar desain otodidak. Semoga Bermanfaat