Cara Menarik Perhatian Contest Holder 99Designs

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya ketika pertama saya mengikuti kontes di 99Designs pada tahun 2011, dengan hadiah terkecil kontes logo yaitu $200 jumlah entrian rata-rata tidak lebih dari 100 desain. Tetapi sekarang dengan banyaknya pemberitaan di media elektonik maupun media cetak tentang kesuksesan desainer grafis indonesia yang mengikuti crowdsourcing, tentu menarik minat para desainer grafis yang sebelumnya bekerja offline untuk mengikuti jejak kesuksesan mereka.
Nah dengan semakin banyaknya jumlah member baru di 99D pastinya bertambah banyak pula jumlah entrian di setiap kontes. Maka dari itu diperlukan cara untuk menarik perhatian Contest Holder pada kontes di 99Designs.

Berdasarkan pengalaman selama saya mengikuti kontes dan mengamati desainer yang sering memenangkan kontes maka saya simpulkan bahwa ada beberapa cara untuk menarik perhatian contest holder :

1. Layout
Seperti yang saya bahas sebelumya, dengan melihat desain kompetitor yang sangat banyak tentunya anda harus membuat kesan yang berbeda agar desain anda benar-benar dilihat dan dicermati oleh contest holder. dengan konsep logo yang telah anda buat, anda bisa menambahkan beberapa variasi pada layout sehingga logo tampak menarik untuk dilihat.



2. Mockup
Tidak semua desainer di kontes 99Designs menyerahkan logo dengan menggunakan mockup, saya rasa ini adalah peluang yang kita miliki untuk menarik perhatian dari contest holder karena logo akan terlihat lebih nyata bila di aplikasikan pada objek tertentu.



3. Hitam - Putih
Konsep logo yang talah anda buat alangkah baiknya jika anda menampilkan pula logo dengan versi hitam putih pada layout karena Contest Holder biasanya akan menggunakan logo tersebut untuk kebututuhan perusahaan mereka seperti stempel, watermark maupun kebutuhan yang lainnya.



4. Penjelasan / Arti
Saat menyerahkan logo sebaiknya disertai dengan penjelasan / arti yang akan meningkatkan kualitas karya anda, misalnya anda membuat logo dengan simbol anak panah keatas, anda bisa menjelaskan bahwa "anak panah keatas dalam logo tersebut mempunyai arti perusahaan terpercaya yang sedang berkembang, senantiasa berinovasi dan fokus pada orientasi serta meningkatkan prestasi". Anda juga bisa menjelaskan arti warna untuk desain yang anda buat.

5. Profil Profesional
Membuat logo untuk identitas diri itu penting karena Contest Holder akan lebih percaya jika profil yang anda buat mencerminkan bahwa anda adalah seorang profesional. jika Contest Holder sudah mempercayai anda besar kemungkinan anda akan diperhitungkan untuk menjadi pemenang dan berpeluang untuk mendapatkan project-project yang akan datang.
anda bisa melihat logo dari profil desainer profesional Systematic Chaos

6. Portofolio
Jika Contest Holder tertarik pada logo yang anda buat pada kontes maka bisa dipastikan CH akan melihat portofolio kita. maka dari itu pada halaman portofolio tampilkan desain-desain yang terbaik yang telah anda buat, saya rasa itu akan menjadi referensi Contest Holder untuk menentukan pemenang dan tidak menutup kemungkinan dengan portofolio yang anda tampilkan Contest Holder akan mempunyai inspirasi untuk mengembangkan logo yang anda buat untuknya.

7. Testimonial
Setelah anda memenangkan kontes, mintalah testimonial pada contest holder. karena dengan membaca testimonial akan menambah kepercayaan Contest Holder yang lain terhadap kita.