Jenis-Jenis Desain Logo

Logo merupakan ciri khas dari sebuah perusahaan. Logo yang bagus adalah logo yang dapat menampilkan kualitas dan kuantitas hebatnya sebuah perusahaan. Karena logo adalah sarana pertama dari pemasaran suatu produk yang akan dipasarkan oleh sebuah perusahaan yang bisa dikatakan sifatnya mengajak konsumen. Jika logo utamanya terlihat jelek, maka akan berpengaruh terhadap keyakinan konsumen terhadap perusahaan tersebut. Jelas itu akan mengurangi pendapatan perusahaan. Bisa dikatakan Logo merupakan elemen paling penting yang berpengaruh terhadap kelangsungan perusahaan ke depannya.

Ada beberapa jenis logo yang wajib anda ketahui sebagai berikut:

1. Word Mark 
Terdiri dari susunan huruf dimana nama perusahaan seluruhnya akan digunakan untuk membuat logo. Logo dengan bentuk paling sederhana yang hanya memainkan jenis huruf dan juga warna.


2. Pictoral Mark
Logo yang hanya berbentuk sebuah gambar atau bentuk yang mudah dikenali yang digunakan untuk mewakili perusahaan anda.


3. Abstract Mark 
Bentuk abstrak atau simbol digunakan untuk menyampaikan nilai-nilai perusahaan anda. Simbol-simbol abstrak disini maksudnya adalah simbol yang hanya dapat dimengerti oleh pihak perusahaan saja. Mulai dari bentuk dan warna semua adalah rahasia perusahaan.


4. Letter Form
Logo yang berbentuk inisial dari nama perusahaan. Logo tampak terlihat lebih berkelas dan elegan.


5. Emblem
Logo yang diselimuti oleh elemen bergambar atau bentuk nama. Logo ini dirancang sedetail mungkin agar terlihat lebih menarik dan berkelas. Kebanyakan yang menggunakan logo ini selain perusahaan adalah klub-klub sepakbola, group band, komunitas-komunitas otomotif dan masih banyak lagi.


6. Character
Bentuk grafis yang terdiri dari karakter untuk mewakili perusahaan anda. Logo ini memiliki ciri khas mascot yang seakan-akan nyata yang bisa berupa manusia, benda, hewan, ataupun tumbuhan. Logo seperti ini biasanya paling diminati, keuntungan dari jenis logo ini adalah mudah dikenali.


7. Web Logo
Logo yang mewakili trend dari internet termasuk gradien, efek kaca, efek timbul, dll. Logo ini memberikan desain 3D yang hidup. Biasa digunakan untuk perusahaan-perusahaan berbasis teknologi internet. Kekurangan dari karakter ini adalah agak sulit untuk di aplikasikan ke semua material.


Keberhasilan suatu perusahaan adalah dimulai dari hal yang paling penting. Dan logo termasuk salah satu dari sekian banyak elemen penting tersebut. Jadi bagi anda yang berniat memiliki keinginan berbisnis ataupun sedang membangun perusahaan baru, tidak ada salahnya untuk memikirkan logo yang mewakili usaha anda terlebih dahulu.