6 Tahap Pembuatan Desain Logo Desainer Ahli


Seorang desainer ahli pasti mempunyai tahapan dalam membuat logo yang hasilnya dapat di terima oleh perusahaan atau orang yang menyuruhnya. Kali ini saya akan berbagi ilmu kepada semua blogger mudah-mudahan ada manfaatnya

Dari 6 tahapan tersebut saya jelaskan satu per satu agar mudah dipahami.

  1. Tahap pertama yaitu designs brief atau yang disebut penerangan singkat yang diberikan perusahaan atau perorangan kepada desainer agar mengetahui apa tujuan dari desain logo tersebut. pada tahap ini perusahaan akan menjelaskan tujuan perusahaan, nama yang akan di jadikan logo desain, dan hal- hal yang berkaitan dengan perusahaan tersebut.
  2. Tahap kedua yaitu designs research atau yang disebut pengkajian oleh desainer untuk mengolah penerangan singkat yang tadi disebutkan di atas. Pada tahap ini seorang desainer akan mengumpulkan data-data seperti contohnya, jika perusahaan ini dibidang teknologi, kita pasti akan mencari data yang berhubungan dengan teknologi seperti halnya bahwa pekerjaan mendesain logo ini untuk perusahaan pembuatan mesin mobil, berarti seorang desainer akan membuat logo ini yang berhubungan dengan teknologi mesin mobil lainnya. Tidak mungkin jika permintaan dalam teknologi dibuatkan desain logo yang yang berhubungan dengan logo rumah.
  3. Tahap ketiga yaitu designs concept atau yang disebut dengan konsep desain logo awal dalam pembuatan desain logo yang telah di kaji pada tahap kedua, sebagai contoh seperti di atas, bahwa jika sebuah perusahaan membuat desain logo tentang teknologi mesin mobil, maka desainer akan mencoba membuat desain mobil atau animasi mesin mobil.
  4. Tahap keempat yaitu feedback atau yang disebut umpan balik. Pada tahap ini seorang desainer akan memberikan konsep awal yang dibuat kepada perusahaan atau orang untuk mengkaji, apakah desain ini sudah cocok atau ada perubahan dan penambahan, sehingga jika terjadi perubahan dalam desain logo tersebut, perusahaan akan memberikan umpan balik atau masukan untuk merevisi hasil desain logo tersebut.
  5. Tahap kelima yaitu presentation atau yang disebut dengan presentasi hasil dari pembuatan desain logo yang telah mencapai finish, dalam tahap ini seorang desainer akan mempresentasikan hasilnya bisa dengan menambahkan mockup dalam desainnya, sehingga penampilannya lebih menarik.
  6. Pada tahap ini adalah tahap pray yaitu tahap berdoa, tahap ini seorang desainer sebelum mengerjakan tahapan-tahapan di atas ia akan berdoa kepada Tuhan agar diberi kelancaran dalam setiap proyeknya dan dapat memberikan hasil yang memuaskan, begitu juga pada akhir proses pembuatan desain logo tersebut mudah-mudahan proyek ini bisa terus berlanjut

Mudah-mudahan uraian di atas dapat memberikan ilmu yang bermanfaat bagi semua orang khususnya bagi kita yang ingin serius mempelajari desain logo profesional dan dapat menghasilkan klien serta membuahkan hasil yang kita harapkan. Amin Ya Robbal Alamin,