Menentukan Font dalam Desain Logo

Logo merupakan hal terpenting dalam perusahaan. Desain logo perusahaan menjadi icon yang mewakili gambaran tentang bidang bisnis dan menjelaskan secara singkat mengenai brand image suatu perusahaan. Desain logo harus diserahkan pada seorang designer logo yang mengerti tentang seluk beluk grafis dan branding. Beberapa penggunaan warna dalam sebuah logo melambangkan emosi yang ingin dimunculkan untuk menciptakan citra dan image serta mempengaruhi calon konsumen dalam melakukan pembelian secara psikologis. Misalnya, perusahaan yang menjual merk dagang sabun kesehatan yang dibuat dari bahan alami cenderung memilih warna logo dominan hijau sebagai symbol natural. Pemilihan desain logo adalah hal yang vital dan mendukung sukses brandingnya suatu perusahaan di masa yang akan datang.

Logo yang sederhana dan memikat akan mampu diterapkan dalam berbagai bentuk media promosi, baik visual, cetak maupun digital. Desain logo perusahaan yang bagus juga didukung oleh pemilihan font yang tepat. Pemilihan font yang salah akan berimbas pada terhambatnya eksistensi perusahaan sehingga pesan tidak tersampaikan dengan lancar pada konsumen. Berikut tips memilih font yang tepat:

1. Hindari penggunaan font terlalu banyak
Dalam mendesain ada sebuah kaidah dimana penggunaan font dibatasi maksimal 3 jenis font.

2. Gunakan font yang sesuai dengan karakter
Gunakan tipe font sesuai dengan karakter yang ingin diciptakan. Misalnya ingin melambangkan sebuah ketegasan, maka perhatikan setiap sudut pada font, tingkat ketebalan font serta warna pada font.

3. Gunakan font yang mudah terbaca
Gunakan font yang mudah terbaca, jangan sampai konsumen tidak dapat membaca brand/merk yang ditawarkan. Font yang tidak dapat terbaca dengan mudah, maka akan mengurangi keefektifan dalam menyalurkan informasi kepada calon konsumen.

4. Sesuaikan ukuran font dengan komposisi desain logo
Ukuran font harus sesuai dan proporsional dengan ukuran icon sebuah logo.