Cara Untuk Mendapatkan Uang Sebagai Desainer Lepas (Freelance)

Menjadi seorang desainer lepas (freelance) hari ini menjadi semakin sulit, karena banyaknya para desainer yang sengaja memberikan secara gratis atau cuma-cuma hasil karya desain mereka dengan berbagai tujuan. seperti mendapatkan popularitas atau meningkatkan kunjungan pada blog atau website mereka.

Bagaimana seorang desainer dapat menghasilkan uang dalam kondisi lingkungan desainer seperti ini? Kuncinya adalah menjadi proaktif dan mencari beberapa jalan untuk menghasilkan pendapatan yang gagal dimanfaatkan oleh para desainer lainnya.

Artikel berikut ini akan memberikan gambaran berupa cara untuk mendapatkan uang sebagai desainer lepas, saya berharap anda dapat menggunakan artikel ini dengan cara yang positif untuk membantu mendapatkan penghasilan anda walaupun hanya bekerja di rumah.

1. Creative Marketplaces (Pasar Kreatif)

Sejak peluncuran Flashden pada tahun 2006 oleh pendirinya Collis Ta’eed, Cyan Ta’eed dan Juni Rung, gagasan dari “pasar kreatif” telah meledak popularitasnya, dengan banyaknya situs yang ditujukan untuk memungkinkan bagi para desainer kreatif meng-upload hasil pekerjaan mereka agar dapat dinikmati oleh orang lain pada proyek-proyek pribadi atau komersil mereka sendiri. Envato telah memulai pergerakan tersebut dengan memperluas pasar mereka dengan Graphic River, Themeforest, Activeden & Audio Jungle merupakan beberapa bagian dari mereka yang paling populer.

Envato Market

Pasar kreatif lain yang relatif baru adalah Creative Market, mereka hadir dalam satu tahun terakhir dengan memberikan layanan yang serupa seperti Envato, dan memberikan sumber daya terbaru yang ditambahkan setiap harinya.

Creative Market

2. Website Freelancer

Sepertinya yang satu ini merupakan salah satu pekerjaan freelance yang paling jelas dan terbaik. Jika anda telah memiliki pendapatan tersendiri dari klien lepas, tidak ada salahnya jika anda mencoba beberapa situs freelance (lepas) seperti :

http://www.freelancer.com
http://www.freelanceswitch.com
http://www.peopleperhour.com
http://www.elance.com

3. Membuat Blog

Salah satu cara termudah mendapatkan uang tambahan selama waktu anda sebagai freelancer adalah dengan membuat sebuah blog. Hal ini dapat menjadi pribadi atau komersial, tetapi jelas harus berhubungan dengan bidang desain. Membuat posting blog tentang pekerjaan desain terbaru anda, atau jika anda memiliki seorang klien dengan nama yang terkenal. Kuncinya disini adalah untuk memberikan nilai, dan memberikan manfaat dengan saling berbagi. Membuat posting pada komunitas desain dan membuat orang lain senang akan membacanya, baik itu tentang Photoshop atau review sebuah buku.

4. Program Afiliasi Mighty Deals

Mighty Deals adalah perusahaan yang relatif baru dengan memberikan berupa penawaran eksklusif untuk web profesional dan desainer. Anda dapat mendaftar untuk program afiliasi mereka. Disini anda dapat menerapkan script pada situs anda, sehingga dapat menarik berbagai ratusan penawaran dari para desainer.

Mighty Deals

5. Membuat Sendiri Toko Baju Anda

Kita hidup pada era dimana membuat sebuah bisnis online menjadi sangat mudah karena perkembangan yang menakjubkan dalam teknologi e-commerce. Salah satu pemimpin dilapangan pada saat ini adalah Shopify.

Shopify

Shopify sangat banyak yang menggunakannya, dan anda mendapatkan akses ke ratusan bahkan ribuan template gratis shopify yang dapat anda gunakan untuk website bisnis anda. Jadi jika anda memiliki sebuah desain T-shirts yang akan anda jual, kemudian anda dapat mencari berbagai macam desain template yang sesuai dengan deskripsi anda, setelah memilih template yang sesuai anda berikutnya diarahkan untuk meng-upload produk anda, kemudian shopify akan mengedit sistem pembayaran yang akan digunakan (biasanya PayPal). Dan akhirnya anda siap untuk menghasilkan uang!

6. Jual Hasil Print Out Anda Sendiri

Dengan cara klasik untuk untuk menghasilkan uang dalam industri desain, tetapi dengan catatan agar dapat menjadi besar. Jika anda seorang illustrator yang handal mengapa tidak menjual hasil pekerjaan anda sendiri? Terutama jika anda mengkhususkan diri dalam pola wallpaper atau desain illustrator murni yang dapat diterapkan untuk berbagai hal yang berbeda seperti cetakan kanvas, cangkir & mug, stasioner, dll.

Beberapa situs dibawah ini memungkinkan anda untuk meng-upload desain anda sendiri dan mulai menjual langsung untuk berbagai produk yang anda hasilkan dan mendapatkan uanga tambahan.

http://www.deviantart.com
http://www.zazzle.com
http://www.etsy.com/

7. Menjadi Mitra Youtube

Ini mungkin tidak tampak seperti terlalu menguntungkan, namun tetap bisa menjadi salah satu yang paling menguntungkan jika dilakukan dengan sangat benar. Cukup dengan membuat sebuah video untuk kerajinan anda, baik itu Photoshop / Digital Art, Photography, Seni Kerajinan, Pembuatan kulit atau desain website, dan berikan judul semenarik mungkin untuk video anda tersebut sehingga orang akan tertarik untuk melihatnya. Youtube akan menghasilkan banyak lalu lintas pengunjung dan jika anda memiliki sedikit saja waktu luang untuk hal ini, maka anda dapat menghasilkan uang yang banyak dengan mendaftar menjadi mitra Youtube.

8. Donasi

Ini memang bukan merupakan sebuah cara yang utama dan dominan tentang menghasilkan uang sebagai seorang desainer. Tapi ini merupakan salah satu pilihan yang cukup baik bagi anda yang memiliki blog dengan traffic lalu lintas yang cukup tinggi. Sederhananya, jika anda memiliki halaman tertentu atau homepage pada blog anda yang memiliki traffic tertinggi, anda dapat menampilkan ikon atau label “donasi”. Hal ini akan memberikan hasil jika anda sering memberikan konten yang berkualitas, video dan sumber daya, serta basis penggemar yang setia terhadap blog anda.
Saya harap anda dapat menyukai artikel ini, karena dunia freelance bisa menjadi sangat sulit jika kita tidak dapat mencari celah terbaik untuk mendapatkan pengahasilan. Silahkan berbagi pendapat anda tentang pengalaman memperoleh penghasilan terbaik ketika menjadi seorang freelancer pada kolom komentar.