Pisang Pisangan - Manipulasi Foto

Ada istilah cabe-cabean...kalau ini bisa di sebut pisang-pisangan... wkwkwkwk...?!
Bermula dari posting salah satu warga KPCI, dia orang posting gambar yang memang sudah pernah aku lihat sebelumnya, gambar tersebut mungkin di gambar menggunakan Photoshop, gambarnya seperti ini;



Dan ada sedikit beda pendapat tentang manipulasi foto menggunakan CorelDRAW, seperti ini sebagian dari nukilan komentar yang ada;

Si Amsyong
"Aye pernah liat nih gambar entah dimana? Dulu... Tapi kalau untuk foto manipulation, bukan keahlian corel sepertinya."

Si Blo'on
"wah ini sotosop.."

Si Cucok
"ah kata siapa kalian saja yg jarang nongkrong di grup corel.. jadi kaget liat hal seperti itu bisa lewat coreldraw.."

Si Amsyong
"Entah diexport dgn cara bagaimana tpi imge vector ga meninggalkan batas batas blur seperti gambar diatas mas. Seperti gambar dengan pixel kecil yg diresize. Tapi ya entah, siapa tahu memang pembuatnya ilmu corelnya sudah sangat canggih. Namun mata telanjang saya melihat susah tuk memanipulasi foto itu jika menggunakan corel"

Si Doel
"sebenernya bisa aja kalo memang mau bikin.. ane nyoba.. cuma memang harus aga telaten.."

Si Amsyong
"Bener emang bisa, aye cuman bilang bukan keahlian corel, gambarnya masih kaku... tapi kl menggunakan software yg memang keunggulannya di foto manipulating.. hasilnya akan jauh lebih halus dan realistis."

Si Embah (ini aku)
"sopwer apasaja kalau di maksimalkan akan menghasilkan karya yang bagus...."

Mau Bukti?
Misal kita akan menggambar/manipulasi foto sederhana dengan CorelDRAW, tidak menggunakan Sotosop maupun sotopen, yang hasil akhir seperti gambar dibawah ini, asli original bro, 100% CorelDRAW.... agak fulgar dikit.... bukan maksudku parno, tapi aku kesulitan mencari gandengan buah pisang yang hasil akhirnya agak realistis gitu...



Kurang yakin?...
simak langkah membuatnya .....

1. Sediakan dua gambar yaitu pisang dan Mr P...


2. Tracing atau jiplak gambar Mr P dengan Freehand / Bezier atau tool apa saja yang penting bisa untuk membuat garis, setelah membuat contekan garis Mr P seleksi objek kurva tersebut dan objek Mr P trus tekan tombol Intersect pada Property Bar, sehingga tercipta objek baru;


3.  Posisikan gambar Mr P hasil Intersect tadi di ujung buah pisang, dan klik Transparency tool di Toolbox arahkan pada objek Mr P, sehingga hasilnya seperti dibawah ini;


4. Selanjutnya atur warna pada Mr P. mendekati warna buah pisang dengan mengatur Color Balance, fitur tersebut letaknya di Menu Bar > Effects > Adjust > Color Balance atau cukup tekan Ctrl+Shift+B di keyboard, dan atur sendiri Color Channel dengan menggeser slider yang ada;


5. Sambil di tekan tombol Preview untuk mengetahui hasil perubahahnya, kalau dirasa sudah mendekati warna yang diharapkan klik tombol OK. dan untuk menggabungkan seleksi semua objek dan pada Menu Bar > Bitmaps > klik Convert To Bitmap;


6. Dan hasil akhirnya apaantu?! .... ngek... ngek... ngek... ngek... pisang rasa stroberi...


7. Sudah.. begitu aja... sederhana kan langkahnya?... monggo dicoba...

Cara Submit Logo Template Ke GraphicRiver



Postingan ini berisi bahasan tentang beberapa langkah untuk upload submit berupa logo template ke pasar GraphicRiver. Dari awal menyiapkan file utama logo template, menyiapkan file bantuan, kemudian membungkus / menge-pack file ke format .zip sampai mengupload ke GraphicRiver. Oke langsung saja kita mulai:

baca selengkapnya...

Gratis: Font Bebas Neue dengan 4 Style Baru



Bebas Neue merupakan salah satu font gratis paling populer yang sering digunakan. Font yang dibuat oleh Ryoichi Tsunekawa ini terbukti disukai oleh komunitas desain grafis diseluruh dunia. Font ini cocok digunakan untuk berbagai keperluan seperti branding, poster, website/blog, dan lain sebagainya. Saat ini Bebas Neue memiliki 4 Style baru: Thin, Light, Book, Reg. Semua style tersebut bisa di download secara gratis di fontfabric.com.








Download Font Bebas Neue

Menentukan Font dalam Desain Logo

Logo merupakan hal terpenting dalam perusahaan. Desain logo perusahaan menjadi icon yang mewakili gambaran tentang bidang bisnis dan menjelaskan secara singkat mengenai brand image suatu perusahaan. Desain logo harus diserahkan pada seorang designer logo yang mengerti tentang seluk beluk grafis dan branding. Beberapa penggunaan warna dalam sebuah logo melambangkan emosi yang ingin dimunculkan untuk menciptakan citra dan image serta mempengaruhi calon konsumen dalam melakukan pembelian secara psikologis. Misalnya, perusahaan yang menjual merk dagang sabun kesehatan yang dibuat dari bahan alami cenderung memilih warna logo dominan hijau sebagai symbol natural. Pemilihan desain logo adalah hal yang vital dan mendukung sukses brandingnya suatu perusahaan di masa yang akan datang.

Logo yang sederhana dan memikat akan mampu diterapkan dalam berbagai bentuk media promosi, baik visual, cetak maupun digital. Desain logo perusahaan yang bagus juga didukung oleh pemilihan font yang tepat. Pemilihan font yang salah akan berimbas pada terhambatnya eksistensi perusahaan sehingga pesan tidak tersampaikan dengan lancar pada konsumen. Berikut tips memilih font yang tepat:

1. Hindari penggunaan font terlalu banyak
Dalam mendesain ada sebuah kaidah dimana penggunaan font dibatasi maksimal 3 jenis font.

2. Gunakan font yang sesuai dengan karakter
Gunakan tipe font sesuai dengan karakter yang ingin diciptakan. Misalnya ingin melambangkan sebuah ketegasan, maka perhatikan setiap sudut pada font, tingkat ketebalan font serta warna pada font.

3. Gunakan font yang mudah terbaca
Gunakan font yang mudah terbaca, jangan sampai konsumen tidak dapat membaca brand/merk yang ditawarkan. Font yang tidak dapat terbaca dengan mudah, maka akan mengurangi keefektifan dalam menyalurkan informasi kepada calon konsumen.

4. Sesuaikan ukuran font dengan komposisi desain logo
Ukuran font harus sesuai dan proporsional dengan ukuran icon sebuah logo.

6 Tipe dan Jenis Logo yang harus diketahui Dalam Desain Grafis

Bicara seputar logo, tentu sebagian besar dari kita sudah banyak yang mengetahuinya. Yang mana logo adalah sebuah gambar atau sekedar bentuk sketsa yang memiliki arti tertentu, baik itu mewakili sebuah organisasi, perusahaan, individu, usaha usaha kecil, dll.

Dalam kata lain logo berguna untuk menggantikan sebuah Nama tertentu, agar lebih mudah untuk diingat, sebut saja Logo sebuah perusahaan, sudah sering kita melihat logo logo yang mewakili sebuah perusahaan sukses. Dan logo tersebut juga tak luput dari filosofi perusahaan itu sendiri, ciri khas, dan keunikan. Sehingga kita bisa mengingat perusahaan tersebut dengan mudah.

Sebuah logo ini juga sering tidak luput dari campur tangan seorang Desain Grafis Handal. Tujuannya agar logo terlihat lebih paten, profesional, enak dipandang mata. Namun tahukah anda dalam Desain Grafis itu jenis logo itu ada bermacam macam,

Berikut 6 Jenis Logo yang Harus Diketahui Dalam Dunia Desain Grafis.

1. Logo Word Mark (Teks)



Jenis logo Word Mark ini merupakan logo yang menggunakan teks langsung sebagai tanda pengenalnya, teks yang dijadikan logo, dapat berupa singkatan , atau nama dari organisasi/ Perusahaan Langsung.

Sebagai contoh, kita bisa melihat perusahaan terkemuka yang bergerak dibidang telepon genggam (NOKIA)
 

2. Logo Pictorial (Simbol Dan Teks)



Jenis Logo Pictorial yang satu ini pada dasarnya menggunakan gambar/ simbol tanpa menggunakan teks. Dibutuhkuan keunikan dan profesional dalam pembuatannya dimana tidak hanya sekedar gambar, tetapi memiliki makna yang erat dengan organisasi.

Sebagai contoh seperti logo logo perusahaan ternama (Windows, Apple, Android, Shell, dll)





NB : Namun biasanya juga dalam jenis Logo Pictorial ini biasanya dibuat tidak hanya menggunakan simbol sebagai unsur utama, tetapi menggunakan teks sebagai unsur pendukung.

Sebagai contoh bisa kita melihat Logo Merek ternama (PUMA)


3. Logo Abstrak Mark (Gambar Abstrak dan Teks)




Jenis logo Abstrak ini juga menggunakan Bentuk atau Shape Abstrak sebagai dasar, dan menggunakan Teks sebagai pendukung.

NB : Untuk membedakan Logo Abstrak dengan Logo Pictorial (nomor 2) ketahui hal dibawah ini :

Logo Pictorial = Gambar/Simbol dan Teks.
Logo Abstrak = Gambar /shape Abstrak dan Teks.

Sebagai contoh Logo Abstrak bisa dilihat dibawah ini

 

4. Logo Letter Mark (Shape dan Huruf)



Jenis Logo Letter Mark ini merupakan sebuah logo yang menggunakan Huruf atau Inisial sebagai dasarnya dan memiliki shape atau gambar berbentuk lain sebagai pendukungnya.

Logo seperti ini juga tak jarang kita jumpai seperti Contoh Logo logo dibawah ini yang sudah tidak asing lagi bagi kita.



5. Logo Emblem (Shape, Simbol dan Teks)



Jenis Logo Emblem ini pada dasarnya memiliki sebuah objek atau elemen yang kemudian didalamnya berisi sebuah simbol atau teks. Biasanya logo logo seperti ini banyak digunakan di beberapa Organisasi seperti pada dunia pendidikan indonesia (Emblem Osis). Dan juga organisasi Olahraga Sepakbola (Logo Tim / Club)

Sebagai contoh logo logo dibawah ini yang sudah tidak asing lagi bagi kita.




6. Logo Character (Karakter)



Jenis Logo Character ini adalah sebuah logo yang biasanya memiliki gambar karakter mahluk hidup atau tokoh karakter lain sebagai unsur utamanya. Dan bisa diikuti dengan teks atau inisial sebagai unsur pendukungnya.

Biasanya Logo jenis ini mudah dikenali dan diingat, karena faktor logo yang cukup unik dan berkesan lucu.

Seperti contoh Logo Perusahaan (WWF, KFC, DreamWorks, Monks, Prost, Michelin)


Sekian ulasan kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian dan tentunya dapat menambah refrensi.

Tips dan Trik Menang Kontes Desain Logo di 99designs

Dalam suatu kontes yang diselenggarakan oleh situs-situs terkemuka di dunia maya, pastinya banyak persaingan dalam meraih kemenangan atau mencapai posisi winner, kita sebagai desiner awan tidak ada salahnya meniru gerak-gerik desainer profesional,

Inilah tips dan trik dari pengalaman saya menang kontes mendesain logo di 99designs:

1. Pilihlah kontes yang menurut anda mampu membuatnya
Dalam hal ini meskipun hanya sebuah tulisan dengan logo lingkaran tapi sesuai dengan tema, insya allah anda pasti dihargai, dan tidak menutup kemungkinan jadi finalis/ memenang.

2. Cermati dan pahami designs brief.
Designs brief disini adalah panduan singkat dari CH untuk para desainer, agar mereka mengerti tujuan dari logo tersebut( luangkan waktu untuk beberapa kali membaca designs brief tersebut)

3. Jangan meremehkan feedback dari CH
Dalam hal ini biasanya jika si CH tertarik akan desain kita, si CH akan memberikan komentar  kepada desain kita, biasanya dalam hal warna atau penambahan logo/perubahan logo.
Usahakan umpan balik ini menjadi awal perkenalan, sambut si CH dengan balasan yang sopan, ikuti perintahnya, sampai si CH memberikan lagi umpan balik.

4. Rating 5 bukan patokan pasti jadi pemenang
Nilai di sini yang disebut rating janganlah kita tergiur, atau hanyut dalam suasana kita pasti menang, di sana masih banyak desainer yang siap menggempur kontes tersebut. Tidak menutup kemungkinan juga rating teratas ini bisa jadi pemenang, dengan alasan si CH sudah tidak pindah kelain hati. Usahakan konsentrasi pada logo kita saja.

5. Carilah kontes blind/ buta.
Kontes blind/ buta biasanya kita akan nyaman bekerja di sini, karena desain kita tidak bisa di lihat atau ditiru oleh musuh kita/ desainer lainnya. Anggap kita bekerja sendirian.

6. Pilih kontes garansi
Dalam kontes ini biasanya kita telah di jamin oleh 99designs, bahwa kontes yang kita ikuti, pasti di bayar sesuai harga yang telah ditentukan oleh si CH.

7. Konsisten bekerja
jadilah desainer yang selalu pantang menyerah, setelah kalah pasti ada kemenangan, hanya yang kalah yang tidak punya semangat selalu beranggapan setelah kalah pasti menuju kematian...
semangat

8. Berdoa
Jangan lupa berdo'a karena hanya doa yang bisa membuat kita jadi pemenang atas izin Allah

Mungkin cukup sekian tips dan trik dari saya, semoga ada manfaatnya bagi sahabat blogger semua khususnya bagi sahabat 99 designs.